Senin, 13 Mei 2013

arti penting komunikasi


Arti penting komunikasi
Satu-satunya yang selalu teringat dulu saat seminar Strategi Sukses Di Kampus itu cuma poin-poin penting kesuksesan yang menempatkan komunikasi di urutan pertama kunci sukses tersebut.
Beberapa waktu mungkin kita salah kaprah memandang arti dari komunikasi ini. Terkadang memandang sebagai keahlian dalam berbahasa, atau mungkin asik tidak asik nya saat proses komunikasi. Padahal poin penting yang harus dipahami di sini adalah penyampaian maksud dari satu ke yang lainnya dan sebaliknya.
Komunikasi bukan cuma terkait dengan bagaimana cara menggunakan bahasa tapi sangat terkait juga dalam menyampaikan pesan dalam bentuk yang lainnya seperti tatapan mata, gesture tubuh, serta mungkin intonasi.
Memang secara praktikal seperti itu, namun ada satu lagi yang sangat mempengaruhi maksud penyampaian dan penerimaan pesan yaitu terkait dengan ego, sinisme, sentimen dan berbagai perasaan terhadap lawan bicara. Di saat-saat tertentu, ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang yang sedang dibumbui dengan perasaan seperti di atas, maksud apapun yang kita jelaskan terkadang tak akan sampai ke dia. Ya, saat emosi negatif di atas logika, fikiran jernih selalu dikesampingkan terlebih dahulu.
Komunikasi itu penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar